Cara Lacak HP dengan "Google Find My Device" dan Menguncinya

Hilangnya smartphone bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika terdapat data penting di dalamnya. Namun, teknologi terus berkembang dan sekarang kita dapat mengunci dan melacak smartphone Android dari jarak jauh menggunakan Google Find My Device.

Google Find My Device adalah sebuah aplikasi gratis dari Google yang memungkinkan pengguna smartphone Android untuk melacak lokasi perangkat mereka yang hilang atau dicuri. Aplikasi ini dapat membantu pengguna menemukan lokasi perangkat mereka dalam waktu singkat, sehingga mereka dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi data mereka.

Disclaimer: Cara ini bekerja jika perangkat atau HP yang hilang masih terhubung ke internet dengan status login akun gmail.

1. Pastikan Google Find My Device sudah terpasang pada smartphone Anda. Jika belum terpasang, unduh dan pasang aplikasi tersebut dari Google Play Store.

2. Kunjungi website Google Find My Device di laptop atau perangkat lain dan login dengan akun Google yang terhubung dengan smartphone Android Anda.

Setelah berhasil login, maka akan tampil halaman sebagai berikut.


pada kolom kiri terdapat informasi hp, seperti dana HP, koneksi jaringan, dan status baterai.

Kemudian di kolom samping kanan akan menampilkan lokasi HP.

Cara Mengunci/Lock HP
Pada bagian bawah nama ponsel kita terdapat beberapa menu. Salah satunya "Amankan Perangkat". Fitur Amankan Perangkat ini berguna untuk mengunci HP dengan PIN sehingga data kita tetap aman.

1. Klik "Amankan Perangkat"


2. Anda dapat memasukkan pesan yang akan muncul di layar kunci smartphone Anda untuk membantu orang yang menemukannya mengembalikannya.

3. Setelah selesai, klik tombol "Amankan Perangkat" otomatis HP Anda akan terkunci otomatis dari jarak jauh menggunakan Google Find My Device.

Dengan menggunakan Google Find My Device, Anda dapat melacak lokasi smartphone, memutar suara untuk membantu menemukan perangkat yang hilang, mengunci perangkat dari jarak jauh, dan bahkan menghapus semua data yang tersimpan pada perangkat jika diperlukan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda menemukan perangkat dalam kasus yang jarang terjadi, seperti perangkat terjebak di dalam mobil atau di tempat yang sulit dijangkau.

Cara melacak HP dengan tool ini memang sangat mudah, tapi dengan catatan HP yang kita target masih terhubung dengan internet dan dalam kondisi sudah login dengan akun gmail milik otoritas pemilik. Namun begitu, cara ini sangat berguna dalam kondisi yang mungkin saja ketika kita lupa meletakan HP kita atau tidak sengaja hilang.

Posting Komentar