Penyebab Gagal Index Error DNS: Host tidak diketahui, Pada Google Search Console Blogger

Beberapa waktu yang lalu saya cukup dibuat kesal sama google search console. Bagaimana tidak, dulu setelah pasang custom subdomain yang beralamat travel.caffs.web.id (sekarang sudah off) di blogger tiba-tiba muncul error saat saya ingin melakukan permintaan index di GSC.

Memang pada update platform Blogger.com yang terbaru kini beberapa user tidak menampilkan informasi apa-apa ketika membuat blog dengan subdomain custom.

Misalnya ketika kita memasang custom subdomain, maka subdomain akan langsung tersimpan tanpa ada notifikasi untuk verifikasi di CNAME.

Akan tetapi kita harus tetap melakukan penambahan record CNAME pada dns domain kita.

Ketika sudah saya daftarkan ke google search console tiba-tiba muncul tidak bisa di-index dengan peringatan "Permintaan pengindeksan ditolak" saat melakukan inspeksi url untuk request index. Lemasnya bukan main, percuma kalo tidak bisa index karena mengakibatkan semua artikel yang ditulis tidak bisa muncul di search engine dan sangat beresiko tidak mendatangkan pengunjung sama sekali.

Kemudian saya lakukan "Pengujian Langsung", setelah dilakukan pengujian langsung ternyata Muncul error DNs: Host tidak diketahui yang menjadi penyebab blog yang saya buat tidak bisa di-index.




Penyebab Error: DNS Host Tidak Diketahui
1. Verifikasi CNAME Salah
Salah Biasanya jika mengalami error DNS yang tidak diketahui disebabkan karena kesalahan saat verifikasi dns pada penyedia domain.

Misalnya ketika kita akan memasang record CNAME nama dan host, jangan sampai terbalik. 

nama www dengan host atau tujuan ghs.google.com

2. Masih dalam propagasi
Propagasi domain adalah waktu yang diperlukan oleh sebuah domain untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting.

Jadi tunggulah beberapa saat untuk memastikan proses propagasi telah selesai, Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 1×24 jam.

Solusi DNS Host Tidak Diketahui
Memang tidak ada petunjuk pasti yang spesifik, namun jika audah yakin bahwa semuanya sudah benar sesuai panduan, maka kita hanya perlu menunggu beberapa hari untuk memastikan DNS yang telah kita pasang bekerja, karena biasanya penyedia domain memiliki waktu propagasi yang berbeda-beda.
Posting Komentar