Berapa Lama Review Adobe Stock Contributor?

Di tahun 2023 ini saya baru bergabung menjadi kontributor di situs microstock Adobe Stock, kemana aja? Sebenarnya sebelum mendaftar dan mulai berjualan di adobe stock saya lebih dulu mendaftar di Shutterstock. Kemudian saya memutuskan untuk mendaftar di Adobe Stock setelah saya baca-baca postingan tentang Adobe Stock di grup komunitas mikrostocker di Facebook. Ada yang bilang Adobe Stock royaltinya lebih besar dibanding platform microstock lain.

Karya yang saya upload di Adobe Stock merupakan jenis vector karena saya lebih minat dalam bidang illustrasi vector ketimbang fotografi.

Berapa Lama Review Image Adobe Stock?

Kontributor yang baru bergabung di Adobe Stock biasanya membutuhkan proses review konten hingga 30 hari. Itu berdasarkan pada pengalaman saya ketika pertama upload konten di Adobe Stock dan approved. Namun pengakuan beberapa kontributor dari komunitas yang sudah lama bergabung di Adobe Stock biasanya proses review hanya sekitar 2 minggu.

Adobe Stock dan Shutterstock merupakan sama-sama platform besar. Meski begitu saya merasakan perbedaan yang sangat jomplang ketika upload karya di kedua platform ini. Di Shutterstock memiliki estimasi waktu review image maupun footage hingga 5 hari dan biasanya baru 2 hari sudah di Approve.

Menurut kontributor lain penyebab lamanya proses review mungkin karena adanya lonjakan konten yang dikirim oleh para kontributor dari berbagai negara. Belum lagi  Adobe Stock saat ini menerima konten Image hasil generate AI secara terang-terangan, sehingga banyak kontributor yang submit konten hasil generate AI karena mudah dibuat tanpa memerlukan effort yang besar.

Baca jugaBagaimana Nasib Kontributor Microstock dengan Maraknya AI Image Generator

Setelah ada yang approve apakah reviewnya akan lebih cepat?

Sayangnya tidak, walaupun kita sudah punya aset yang diapprove oleh Adobe Stock, hal itu tidak menjamin setelahnya akan direview lebih cepat, kenapa? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ada kemungkinan terjadi lonjakan konten yang disubmit para kontributor sejak Adobe Stock menerima konten hasil generate AI, tapi tidak menutup kemungkinan proses review akan lebih cepat di momen-momen tertentu. Tukang reviewnya juga manusia, harap bersabar.

Tips upload karya di Adobe Stock

Tips dari saya, kalian tidak usah terlalu risau dengan lama waktu review konten, lebih baik fokus saja membuat karya yang berkualitas dan juga kuantitas yang banyak. Jangan lupa untuk melakukan riset minat pasar agar peluang karya kalian yang terjual juga lebih besar.

Kesimpulan

Kesimpulannya, review adobe Stock bisa mencapai lebih dari 30 hari. Terbilang cukup lama. Berdasarkan informasi dari para kontributor di forum yang membahas tentang mikrostok dikarenakan adanya lonjakan konten yang disubmit atau dikirim ke adobe stock. Sehingga banyak asset yang mengantri untuk direview oleh tim adobe stok.
Posting Komentar