Mengatasi Blog Tidak Bisa diindex, Kesalahan Pengalihan Smartphone Googlebot

Akhir-akhir ini saya dibuat pusing tujuh keliling gara-gara masalah artikel yang tidak ter-index di google. Sayang kan kalau artikel yang kita publish tidak muncul di mesin pencarian, rasanya ada yang kurang. Sudah susah payah buat artikel, eh malah tidak nongol di pencarian. Selain itu blog kita akan jadi sulit mendapatkan pengunjung organik.

Masalah ini terjadi pada blog personal saya https://amir-faozi.blogspot.com setelah berganti dari domain Top Level Domain (TLD) menjadi blog bawaan. Ada hal yang saya pertimbangkan kenapa saya memilih tidak memperpanjang TLD dan saya harus merelakan adsense saya karena domain yang tidak diperpanjang itu sudah approved adsense.

Bagi yang menggunakan domain TLD, kalian bisa mendaftarkan ke google news agar bisa mendapatkan index secara instan dan error di seach console akan terabaikan. Karena ini kasusnya dengan domain blogspot bawaan, maka tidak bisa didaftarkan di google news. 

Satu alasan utama saya lebih memilih domain gratisan adalah karena blog saya tersebut merupakan personal blog. Saya ingin umur blog bisa lebih panjang dan lintas generasi. Simpelnya domain bawaan itu bersifat lifetime selagi platform blogger terus ada. Sehingga tidak akan expired dan error.

Nah, karena terjadi perubahan alamat blog, sehingga saya perlu mendaftarkan dan submit ulang di google search console. Setelah semuanya sudah beres dan disumbit satu persatu, saya cek di google ternyata tidak ada sama sekali artikel yang muncul hingga berbulan-bulan lamanya. Dan setelah saya cek di search console ternyata ada masalah dengan blog saya dengan error Kesalahan pengalihan.


Belum ada informasi resmi

Hingga artikel ini dipublikasikan belum ada informasi atau cara resmi yang pasti dari Google search console maupun blogger. Masalah ini juga masih sangat jarang sekali dibahas di blog-blog lain. Saya pun dibuat frustrasi gara-gara hal ini. Dari berbagai pendapat yang saya temukan, mulai dari forum dan artikel. Kemungkinan masalah error Kesalahan Pengalihan Smartphone Googlebot ini berkaitan dengan setelah update algoritma search console dan terdapat bug pengalihan internal blogger.com antara versi mobile dan canonical (versi URL utama). 

Versi baru dari search console inilah bot lebih mengedepankan index versi mobile ketimbang versi desktop karena saat ini banyak pengguna internet berselancar melalui perangkat mobile, sedangkan sistem di blogger belum ada pembaruan. Namun perlu diingat ini hanya sebuah dugaan dan sekali ini belum ada informasi resmi yang tersedia soal masalah ini.

Seperti yang kita tahu, halaman di blogspot selalu dialihkan ke mode mobile ketika dibuka di perangkat mobile dengan ditandai adanya parameter ?m=1 di akhir URL.

Solusi

Setelah saya baca-baca referensi sebanyak mungkin di internet, dan saya pun belum mendapatkan titik terang yang pasti. Akhirnya saya coba salah satu trik yang saya baca di blog orang lain.

1. Submit index versi mobile ?m=1

Posting Komentar