Kenapa Canva Contributor Belum Buka Lagi?

 

Salah satu agency Microstock yang cukup ramai yaitu Canva. Iya, canva merupakan salah satu platform Microstock loh. Canva berbeda dari platform microstock konvensional pada umumnya.

Canva menggabungkan konsep microstock dengan pengguna aset secara langsung dalam satu platform. Jika di platform microstock konvensional kita harus mengunduh aset dulu kemudian memakainya di aplikasi grafis sendiri seperti Photoshop, illustrator dll. 

Maka berbeda dengan canva, kita hanya perlu membuka dashboard canva dan semua aset milik kontributor tersedia di sana dan pengguna tinggal pilih sesuka hati tanpa harus mengunduh terlebih dulu untuk digunakan.

Konsep itu sepertinya membawa kesuksesan terhadap canva dan sangat populer di seluruh dunia.

Kepopuleran itu membuat para seniman grafis berbondong-bondong menjadi kontributor dan meng-upload karya mereka di canva.

Apa itu canva contributor & creator?

Canva contributor & creator berbeda dengan pengguna umum  biasa dan tidak terikat versi gratis maupun pro.

Canva contributor adalah pengguna yang memberikan media stok atau karya mereka seperti foto dan illustrasi ke canva. 

Sedangkan canva creator merupakan pengguna yang membuat template canva untuk digunakan oleh pengguna biasa (free maupun pro).

Canva Contributor maupun creator akan sama-sama mendapatkan penghasilan setiap karya mereka digunakan dan diexport.

Canva Contributor & Canva Creator sekarang sudah beganti nama menjadi Canva Creator. Canva kontributor sekarang lebih dikenal dengan Creator Element dan Canva Creator biasanya disebut Creator Template.

Canva Contributor & Creator Tutup 

Sangat disayangkan canva belum menerima lagi pendaftaran kontributor maupun creator baru akibat tingginya peminat, dan belum ada indikasi kapan program ini akan dibuka kembali. Untuk saat ini canva contributor merupakan program tertutup.

Memang belum ada pernyataan resmi sejak kapan canva contributor ditutup. Hanya ada informasi bahwa program tersebut diberhentikan akibat terlalu tinggi peminat.

Tapi banyak yang bilang di forum-forum Facebook, banyak dari kontributor yang berasumsi program kontributor telah tutup sejak akhir tahun 2021, karena hampir tidak ada calon kontributor yang berhasil mendaftar setelahnya.

Ada kemungkinan canva menutup program ini yaitu untuk menjaga kestabilan royalti. Jika canva tetap membuka kontributor, mungkin akan terjadi ketidakstabilan bersarnya royalti pada setiap penggunaan (export). 

Artinya jika pengguna canva pro tidak sebanyak kontributor, maka pendapatan kontributor akan semakin kecil meskipun jumlah penggunaan aset mereka sangat populer. Akibat tidak seimbangnya antara supply and demand.

Alternatif

Jika kalian tidak sempat mendaftar canva contributor. Masih ada banyak platform agency microstock lain yang populer bahkan lebih besar seperti adobe stock, freepik, dan microstok.

Alternatif lain dengan konsep yang sama seperti canva yaitu Miri Canvas. Kalian bisa mendaftar contributor di sana.

Posting Komentar