Cara Lock/Kunci Aplikasi Agar Tetap Berjalan di Belakang Layar Pada HP Redmi 9A & Redmi 10A


Halo sobat Gadget, apa kamu sedang mencari tutorial cara mengunci mengunci aplikasi di MIUI Redmi 9A atau Redmi 10A agar tetap terbuka di latar belakang? coba simak tutorialnya berikut ini.

Beberapa fitur MIUI yang ada di HP redmi 9A dan Redmi 10A memang ada fitur yang dipangkas, seperti Split Screen, dan Pengunci aplikasi agar tetap berjalan di belakang layar.

Pengurangan fitur tersebut dilakukan agar kinerja ponsel kelas entry level menjadi lebih optimal tanpa terbebani oleh terlalu banyaknya fitur. 

Padahal pada generasi sebelumnya yaitu Redmi 4A fitur ini tersedia secara lengkap. 

Hal itu dikarenakan HP redmi 4A yang dirilis tahun 2017 tersebut menggunakan chipset dari kalangan Snapdragon, sedangkan generasi terbarunya menggunakan chipset Mediatek kelas biasa.

Tapi jangan khawatir, untuk pengguna Redmi 9A ataupun 10A, kalian masih bisa menggunakan fitur ini secara default.

Tapi karena shortcut untuk akses fitur tersebut ditiadakan, jadi untuk akses fitur tersebut sedikit tersembunyi, dikarenakan untuk meminimalisir penggunaan UI yang berat. Berikut tutorial cara mengunci aplikasi di recent apps pada MIUI 12 maupun MIUI 13.

Cara Lock/Kunci Aplikasi Agar Tetap Berjalan di Belakang Layar Pada HP Redmi 9A & Redmi 10A (MIUI User only), Tanpa Aplikasi Tambahan


Perlu diketahui bahwa tutorial ini berlaku untuk HP yang masih standar bawaan pabrikan alias MIUI (ROM resmi).

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Security/Keamanan bawaan HP.
2. Kemudian, tap/klik icon pengaturan.

3. Pada tampilan pengaturan, kita pilih "Peningkat Kecepatan".
4. Lalu, kita akan ditampilkan daftar aplikasi yang terinstal di Hp kita, termasuk aplikasi bawaan sistem. 
5. Kemudian, tinggal kita aktifkan pada aplikasi yang ingin kita kunci agar tetap berjalan di latar belakang atau background process.
Selesai. Untuk mengecek hasilnya. Kita tinggal buka recent apps, aplikasi yang ter-lock terdapat ikon gembok di samping nama aplikasi.

Akhir kata

Hp redmi 9A dan 10A memang tidak ada shortcut khusus untuk mengaktifkan fitur tersebut secara cepat, berbeda dengan HP di kelas mid range dan flagship yang bisa diakses dengan menekan dan tahan pada aplikasi yang sedang berjalan di recent apps.
Posting Komentar