Cara Memindahkan Iklan Anchor Sticky Adsense ke Bawah Versi Terbaru

Iklan Anchor adalah salah satu jenis iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense. Jenis  iklan ini merupakan bagian dari fitur iklan otomatis/auto ads yang ada di google adsense. Iklan anchor akan muncul secara sticky atau melayang di bagian bawah layar ketika pengunjung scroll halaman.

Pada tampilan mobile, biasanya iklan ini muncul di bagian atas karena memiliki visibilitas dan impresi yang baik. Tapi memang bagi sebagian pemilik blog merasa iklan anchor yang berada di atas akan sedikit menganggu estetika blog.

Sebenarnya iklan ini bisa dinonaktifkan agar tidak muncul, akan tetapi dengan menonaktifkan fitur iklan ini akan berpotensi berkurangnya pendapatan dari iklan.

Tapi tenang, masih ada cara lain. Kita bisa memodifikasinya agar iklan anchor overlay bisa tampil di bagian bawah di tampilan mobile. Kalian tidak usah khawatir akan modifikasi yang dilakukan, karena metode yang dipake adalah cara resmi yang diperkenankan oleh google adsense. Lihat di sini.

Cara Memindahkan Iklan Anchor Sticky ke Bawah

Secara default iklan anchor akan muncul di atas pada tampilan mobile. Menurut google, iklan anchor memiliki performa yang lebih baik di bagian atas layar pengguna. Tapi jika kalian tetap ingin mengubahnya agar tampil di bawah, simak tutorial Cara Memindahkan Iklan Anchor Sticky auto-ads ke Bawah Versi Terbaru berikut ini.

Langkah 1
Iklan anchor ini merupakan bagian dau iklan auto-ads. Jadi pastikan auto ads di blog kalian sudah aktif.

Langkah 2
Untuk memindahkan iklan anchor yang berada di bawah, kita harus mengedit kode auto ads yang terpasang di blog.

Kode iklan auto ads terbaru biasanya akan seperti ini:
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1234567890123456"  crossorigin="anonymous"></script>
Pada kode di atas, kode ca-pub-1234567890123456 (*hanya contoh) merupakan kode unik yang berbeda pada setiap publisher andsense , jadi jangan sampai salah dengan milik kalian sendiri.

Untuk memodifikasinya, kalian hanya perlu memberikan kode data-overlays="bottom". Sehingga akan menjadi seperti berikut ini.
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1234567890123456" data-overlays="bottom" crossorigin="anonymous"></script>

Kemudian simpan/save perubahan ini. Tunggu beberapa saat dan voila! iklan anchor pada tampilan mobile akan muncul di bagian bawah.

Jika kalian merasa performa iklan anchor lebih baik di atas, kalian bisa mengembalikannya ke semula dengan menghapus kode data-overlays="bottom".

Sekali lagi, kalian tidak usah khawatir dengan melakukan modifikasi pada unit kode  iklan otomatis ini karena cara ini berdasarkan apa yang ada di halaman resmi bantuan google adsense. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi https://support.google.com/adsense/answer/7478225?hl=id.

Posting Komentar