Cara Mengatasi Creative Block Untuk Graphic Designer


Kreativitas adalah elemen kunci dalam dunia desain grafis, namun seringkali kita menghadapi situasi di mana kita merasa kehabisan ide yang disebut creative block dan merasa bingung harus ngapain. Pada dasarnya Creative Block merupakan kondisi di mana seseorang merasa sulit berpikir kreatif yang tidak seperti biasanya.  Ketika kita sedang mengalami creative block biasanya kita akan kesulitan menemukan ide-ide cemerlang. 

Ketika kehampaan kreatifitas sedang melanda tentunya akan membuat semangat bekerja menjadi pudar. Apalagi bagi seorang desainer grafis, untuk memulai pekerjaan tanpa pemikiran cemerlang sangatlah membingungkan harus memulai dari mana.

1. Istirahat dan Rehat

Istirahat adalah poin terpenting ketika kamu sedang mengalami creative block. Setidaknya beri waktu otak kita agar me-refresh dan bisa berpikir tenang. Kamu bisa rehat dulu dari aktifitas desain untuk beberapa saat. Tapi ingat jangan terlalu lama, karena bisa membuat anda jadi malas dan

Perasaan creative block itu seperti sebuah fase. Jika memang anda benar-benar menyukai pekerjaan di bidang kreatif pasti fase ini akan segera berlalu.

2. Pahami Batasan Diri 

Jangan terlalu perfeksionis dalam membuat desain, nikmati setiap proses. Identitas kemampuan dan kekurangan anda dan fokuslah pada kemampuan. Selain itu, memahami batasan diri juga penting untuk mengelola ekspektasi dan meminimalisir stres.

3. Eksplorasi Ide

Anda bisa mencoba ekplorasi ide dengan melihat karya seni orang lain, mengunjungi pameran seni untuk mendapatkan inspirasi dan perspektif baru.

4. Tetap Berpola Pikir Positif

Sebaiknya jangan terlalu fokus dengan kehampaan kreatifitas saat mengalami creative blok. Seharusnya creative block bisa dijadikan sebagai tantangan bukannya hambatan. Cobalah untuk menenangkan diri dengan beristirahat.

Saat sedang mengalami creative block atau merasa sulit menuangkan ide-ide kreatif, setiap orang pasti punya caranya tersendiri untuk keluar dari situasi seperti ini.

Posting Komentar