Libre Office, Alternatif Gratis Selain Microsoft Office

Tidak ada yang tidak mengenal aplikasi Microsoft Office/MS Office. Aplikasi ini sangat terkenal di seluruh dunia. Hal ini tidak mengherankan karena aplikasi ini sudah lama ada dan sangat berguna untuk mengelola data. Bahkan kini, aplikasi ini sudah menjadi keharusan di setiap perangkat komputer.

MS Office sudah menjadi aplikasi yang sangat dikenal oleh semua kalangan, termasuk pelajar, pebisnis, dan pegawai kantor. MS Office merupakan program yang dibuat dan dijual oleh Microsoft, perusahaan yang juga membuat Sistem Operasi Windows. Saat ini, Windows menjadi OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Apakah kamu tahu bahwa paket MS Office Pro 2021 dihargai sekitar 8,8 juta rupiah? Paket ini terdiri dari aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, dan Microsoft Access.

Tentu Microsoft bukan satu-satunya perusahaan yang menyediakan aplikasi office. Ada juga Libre Office yang cukup populer. Libre Office menjadi alternatif yang populer, terutama karena dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Linux. Pengguna Linux biasanya sudah mengenal Libre Office karena aplikasi ini sudah mendukung penggunaan di Linux. Selain itu, MS Office belum tersedia di Linux, sehingga pengguna Linux harus menggunakan alternatif aplikasi seperti Libre Office.

Fitur Libre Office

Writes

Libre Office memiliki aplikasi pengolah kata yang disebut Write yang fungsinya sama seperti Microsoft Word.

Calc

Calc adalah aplikasi lembar kerja yang mirip dengan Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Salah satu fitur unik dari Calc adalah sistem otomatis yang mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna. (sumber: wikipedia)

Impress

Aplikasi presentasi yang mirip dengan Microsoft PowerPoint disebut Impress. Presentasi yang dibuat dengan Impress dapat diekspor sebagai berkas SWF sehingga dapat dilihat di komputer yang terinstal Adobe Flash. Impress juga memiliki efek transisi 3D (OpenGL) dan dukungan untuk model 3D. (sumber: wikipedia)

Draw

Libre Office memiliki aplikasi penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram yang disebut Draw. Draw mirip dengan Microsoft Visio dan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Draw menyediakan konektor antara bentuk (shape) yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memungkinkan pembuatan gambar seperti diagram alir. Draw juga memiliki fitur yang mirip dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher. (sumber: wikipedia)

Math

Aplikasi Math dirancang khusus untuk membuat dan menyunting formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula sebagaimana yang ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula yang dibuat di Math dapat disertakan ke dokumen lain dalam paket aplikasi LibreOffice, seperti dokumen yang dibuat dengan Writer atau Calc. (sumber: wikipedia)

Base

Base adalah aplikasi basis data relasional yang serupa dengan Microsoft Access. Dengan menggunakan LibreOffice Base, pengguna dapat membuat dan mengelola basis data, menyusun formulir, serta membuat laporan untuk memudahkan pengaksesan data oleh pengguna akhir. (sumber: wikipedia)


Mengapa Harus Menggunakan Libre Office?

1. Open Source
Salah satu alasan utama untuk menggunakan Libre Office adalah karena sifatnya yang open source. Dengan kata lain, kamu dapat menggunakannya secara gratis tanpa harus membeli lisensi. Ini berbeda dengan Ms Office yang memerlukan pembelian resmi dan aktivasi terlebih dahulu.

2. Familiar dengan Ms Office
Meskipun tampilan antarmuka LibreOffice sudah cukup baik, namun masih kalah jika dibandingkan dengan Ms Office yang telah mengalami berbagai perubahan tampilan yang semakin baik dan mudah digunakan oleh pengguna.

3. Kompatibel dengan File MS Office
Kompatibilitas dengan aplikasi yang digunakan oleh pengguna lain menjadi pertimbangan utama ketika menggunakan software alternatif seperti Libre Office. Misalnya, Ms Office telah menjadi aplikasi mayoritas, sehingga ketika menggunakan software alternatif setidaknya harus bisa membuka file dokumen dari Ms Office.

Untungnya Libre Office mendukung file project dokumen dari Ms Office. Jadi ketika membuka file Ms Office yang berformat .docx misalnya, Libre Office dapat membuka dan mengedit file dengan baik.

Cara Menginstall Libre Office


Menginstal LibreOffice sebenarnya mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengunduh file installer dari situs web resminya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menginstal LibreOffice:

1. kunjungi situs resmi https://www.libreoffice.org/ dan cari link untuk download aplikasi Libre Office.

2. Sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan, misalnya saya menggunakan Windows 11 64bit




Klik "DOWNLOAD"

3. Setelah file sudah didownload, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi.





Klik kanan pada file Libre Office yang sudah diunduh pada langkah sebelumnya. Caranya dengan klik kanan > Open, atau Double Click pada file tersebut.

4. Setelah membukanya, akan muncul tampilan sebagai berikut.




Klik Next terus sampai proses instalasi dimulai seperti pada gambar berikut.

Tunggu sampai instalasi Finish. Jika sudah, maka semua aplikasi dalam paket Libre Office akan terinstall di komputer dan siap digunakan.

Posting Komentar